Lomba Administrasi Kantor PKK Tahun 2019

Sidorejo – Pada tanggal 10 April 2019 dilaksanakan Lomba Administrasi Kantor PKK Tingkat Kota Salatiga Tahun 2019. PKK adalah suatu gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari bawah, dan pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat. PKK perlu menetapkan strategi untuk lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dengan melaksanakan kegiatan baik dari tingkat RT, RW, Kelurahan, hingga Kecamatan, agar mampu menentukan program program strategis melalui 10 program pokok yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

PKK terdapat empat (4) Pokja, untuk program kerja di Pokja I sendiri yaitu pemantapan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, peningkatan kesadaran tiap warga negara tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila, kesadaran bela negara, pencegahaan kekerasan dalam rumah tangga (KDKRT), pencegahan perdagangan orang (trafficking), pembentukan bina keluarga lansia, dan PIK Keluarga.

Sementara untuk Pokja II mempunyai program kerja yaitu peningkatan pendidikan dan keterampilan keluarga, pelaksanaan dan pengembangan kegiatan program Bina Keluarga Balita (BKB), meningkatkan kelompok dan kualitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, memotifasi keluarga tentang manfaat koperasi, serta pengembangan PAUD.

Pokja III memiliki program meningkatkan keanekaragaman tanaman, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, berimbang (3B), menggerakkan pemanfaatan lahan perkarangan, pemantapan gerakan halaman asri, memasyarakatkan rumah sehat, dan pelaksaan program nasional gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara pohon.

Sedangkan Pokja IV mempunyai program kerja meningkatkan tujuan pembangunan Millenium Development Goals (MDG’S), meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mengembangkan dan membina pelaksaan kegiatan posyandu, serta tanam dan pelihara pohon dalam rangka mewujudkan kelestarian lingkungan. (asy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *